Sejarah MTsN 4 Ngawi

M a d r a s a h     T s a n a w i y a h Negeri 2 Paron   d i d i r i k a n di tengah – tengah   k e g e I i s a h a n s e k e l o m p o k  masyarakat  yang  melihat  banyak  anak – anak di Gentong dan sekitarnya      yang

 tidak  bisa mengenyam pendidikan sekolah karena terbentur kondisi  ekonomi  masyarakat  yang  tidak  bisa  menjangkau  mahalnya  biaya pendidikan ketika itu dan jauhnya jarak tempuh pendidikan. Kegelisahan itu semakin menjadi-jadi karena jumlah anak-anak yang   tidak   bisa   mengenyam   sekolah   dasar   terus   meningkat   signifikan   dan masyarakat terancam akan menjadi masyarakat terpinggirkan karena tidak bisa menikmati kursi sekolah.

Octagon: 2Sehingga pada tahun 1970 berdasarkan kondisi seperti itulah keinginan untuk mendirikann lembaga pendidikan yang bisa menampung anak-anak yang terancam masa depannya semakin menguat, dengan hanya bermodalkan kemauan dan semangat perjuangan yang  membara-bara maka lahirlah pendidikan guru agama / PGA (Raden Patah) 4 Tahun. Berlokasi di Dusun Kauman Desa Gentong Kecamatan Paron.

Keberlangsungan  perjalanan  PGA Raden Patah penuh  dengan  liku  dan  kerikil  tajam  yang  datang  silih  berganti, Pada tahun 1978 berubahlah status PGA Raden Patah menjadi PGA Negeri 4 Tahun. Pada tahun 1982 berubahlah PGA Negeri 4 Tahun menjadi MTsN Ngawi Filial di Gentong. Sesuai SK Nomor Wm./I-b/2153/SK/1982.

Pada tahun 1997 Menteri Agama mengeluarkan SK Nomor : 107 Tahun 1997 tentang Pembukaan dan Penegerian Madrasah. Sehingga MTsN Ngawi Filial di Gentong berubah menjadi MTsN Gentong.  Dan Akhirnya pada Tahun 2003 berubah nama menjadi MTsN 2 Paron. Yang berlokasi di Jl. Ngawi – Jogorogo Km. 19 Gentong Paron Ngawi.

Hasil kerja keras dan pantang putus asa itu, hari ini kita bisa melihat dan merasakan  bangunan  gedung  Madrasah  Tsanawiyah Negeri 2 Paron.

Pada Tahun 2018 sesuai KMA No 673 Tahun 2016 tentang Perubahan Nama Madrasah Aliyah Negeri, Madrasah Tsanawiyah Negeri, dan Madrasah Ibtidaiyah Negeri di Provinsi Jawa Timur MTsN 2 Paron berubah Menjadi MTsN 4 Ngawi.