May 20, 2024

Sejarah

Sejarah Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Ngawi

Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Ngawi didirikan di tengah-tengah kegelisahan sekelompok  masyarakat  yang  melihat  banyak  anak-anak  Madura  yang  tidak  bisa mengenyam pendidikan sekolah dasar karena terbentur oleh birokrasi yang njelimet dan  kondisi  ekonomi  masyarakat  yang  tidak  bisa  menjangkau  mahalnya  biaya pendidikan ketika itu. Kegelisahan itu semakin menjadi-jadi karena jumlah anak-anak yang   tidak   bisa   mengenyam   sekolah   dasar   terus   meningkat   signifikan   dan masyarakat terancam akan menjadi masyarakat terpinggirkan Karena tidak bisa menikmati kursi sekolah.

Sehingga berdasarkan kondisi seperti itulah keinginan untuk mendirikann lembaga pendidikan dasar yang bisa menampung anak-anak yang terancam masa depannya semakin menguat, dengan hanya bermodalkan kemauan dan semangat perjuangan yang  membara-bara  tanpa  ada  sumber  dana  sepersenpun  Madrasah  Tsanawiyah Negeri 4 Ngawi lahir.

Tidak sedikit masyarakat yang mencela dan memandang sebelah mata keberadaan Madrasah  Tsanawiyah Negeri 4 Ngaw  yang  pada  awal  pendiriannya  memang  hanya menempati  gedung  yang  tidak  refresentatif  dan  jauh  dari  kata  layak untuk  ditempati  sebuah  lembaga  pendidikan  yang  notabenenya  adalah  tempat untuk mencetak generasi masa depan bangsa Indonesia.

Keberlangsungan  perjalanan  panjang   Madrasah  Tsanawiyah Negeri 4 Ngawi penuh  dengan  liku  dan  kerikil  tajam  yang  datang  silih  berganti,  tetapi dengan kegigihan dan perjuangan para pendiri madrasah, pimpinan – pimpinan madrasah dan warga masyarakat sekitar. sehinggga MTsN 4 Ngawi menjadi seperti saat ini.

Inilah riwayat MTsN 4 Ngawi berdiri Pada tahun 1970 didirikan sebuah lembaga pendidikan guru agama yang bernama PGA 4 Tahun Raden Patah. berlokasi di Dusun Kauman Desa Gentong Kecamatan Paron Kabupaten Ngawi. Selanjutnya pada tahun 1978, PGA tersebut berubah status menjadi PGA Negeri 4 Tahun, berdasar Surat Keputusan Menteri Agama tentang Relokasi Madrasah Negeri dan Pendidikan Guru Agama Negeri Nomor 27 Tahun 1980 Tanggal 21 Mei 1980. Di tahun 1982 terbit Surat Keputusan tentang Pembentukan Kelas Jauh (Fillial), yaitu MTsN Ngawi Fillial di Gentong, dengan SK Nomor : Wm./I-b/2153/SK/1982 tanggal 12 Juni 1982. Pada tahun 1997 Menteri Agama mengeluarkan SK tentang Pembukaan dan Penegerian Madrasah Nomor : 107 Tahun 1997 tanggal 17 Maret 1997, Nama MTsN Ngawi Fillial di Gentong berubah menjadi MTsN Gentong, yang selanjutnya berubah lagi menjadi MTsN Paron 2. Pada tahun 2003 berubah menjadi MTsN 2 Paron. Dan pada tahun 2016 berdasarkan KMA No 673 Tahun 2016 menjadi MTsN 4 Ngawi.