May 20, 2024

Selasa, 16 Januari 2024 bertempat di halaman MTsN 4 Ngawi telah dilaksanakan kegiatan AKSIOKE. Kegiatan yang merupakan Ajang Kompetisi Sains, Olah Raga dan Ketangkasan ini dihelat oleh MTs yang berada di sebelah selatan kota Ngawi ini, dibuka oleh Maryudianto, Kepala MTsN 4 Ngawi.

Dalam sambutannya pada saat membuka kegiatan, Maryudianto mengutip sebuah kalimat berbahasa Latin, Mens sana icorpore sano yang berarti di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Lebih lanjut disampaikan bahwa tujuan diadakan acara ini adalah untuk menjaring bibit-bibit muda yang siap untuk berkompetisi di berbagai bidang. “Indonesia di masa yang akan datang membutuhkan generasi emas yang mampu bersaing dan berbonus tidak terkalahkan oleh negara lain. Generasi dengan jiwa kompetisi dan daya saing tinggi sehingga bisa menguasai berbagai bidang diantaranya olahraga dan sains,” ujarnya dengan penuh semangat. Memotivasi seluruh peserta untuk berlaga dengan mengedepankan sportivitas dan berharap solidaritas ini akan menghasilkan kejuaraan.

Acara ini diikuti oleh 43 SD dan MI yang berada di sekitar MTsN 4 Ngawi dan melibatkan 500 siswa putra dan putri. Acara pembukaan dimeriahkan oleh Seni Jaranan Singo Tsimp@ti Joyo pimpinan Ridho Cahyo kelas IX D dan beranggotakan Nazriel 9D, Agus 8C, Nayla 9D, Intan 9F, Salwa 9E, Fais 8B, Dhion 7B, Khabib 9C dan Dias 9D.

Group kesenian tradisional binaan Harno, salah satu guru MTsN 4 Ngawi ini tampil memukau dan mendapat sambutan luar biasa dari para peserta dan guru pendamping.

AKSI OKE ini dijadwalkan berlangsung selama dua hari, Selasa, 16 Januari 2024 dengan kegiatan olahraga dan seni, sedangkan Rabu, 17 Januari 2024 khusus untuk Olimpiade MIPA dan IPS serta final cabang olah raga bola voli.

Sementara itu Hamidah Rusmala Dewi, selaku ketua kegiatan, menyampaikan bahwa selain sebagai ajang kompetisi, kegiatan ini juga dilaksanakan sebagai media silaturahmi antara keluarga besar MTsN 4 Ngawi dengan SD dan MI sehingga bisa mendukung Program Penerimaan Peserta Didik Baru.

Senada dengan yang disampaikan oleh kepala madrasah, lebih lanjut Guru Bahasa Arab yang merupakan alumni jurusan Pendidikan Bahasa Arab UIN Maulana Malik Ibrahim Malang ini berharap agar kegiatan ini mampu menjadi ajang untuk mengasah kemampuan peserta, baik kognitif, afektif, maupun psikomotornya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *